Rabu, 19 Juni 2013



MAKALAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
PERIODESASI PERKEMBANGAN



Disusun Oleh :
KELOMPOK 5
LARAS BILKIS
M.NADZIR
M.SEIN CHAIDIR IMAN
HARIANTO
MUSTANG.H
NUR RAHMAT ARIEF
ALIM BAHRI
SUKRI


FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN 2013



KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada sang maha kuasa Allah SWT atas rahmat-Nya yang telah dilimpahkan kepada segenap hamba-Nya, takter kecuali kepada penulis,  sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan yang berjudul “Periodesasi Perkembangan” yang merupakan tugas mata kuliah  Psikologi Perkembangan pada semester dua.
Besar harapan penulis kepada para pembaca karya ilmiah ini, bila terselip kekurangan terhadap makalah ini, maka saran dan kritik pembaca, cukup menjadi referens imotivasi dalam penyusunan makalah di masa yang akan  datang, menujukesempurnaan.
Akhir kata, semoga makalah ini banyak member manfaat kepada pihak pembaca pada umumnya, dan  khusunya kepada penulis.


                                                                                                     Makassar,16 Juni 2013
                                                                                                     

                                                                                                          Penyusun








BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
      Setiap individu yang normal akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan.Hal ini dimulai sejak terjadinya peristiwa konsepsi hingga kelahiran menjadi seorang bayi,kemudian tumbuh kembang sebagai anak-anak,remaja,dewasa dan sampai mati.Semua itu tumbuh kembang dengan berbagai tahapan.
      Diantara problematika anak lahir dari ketidakpahaman kita sebagai orangtua.Ketika anak diam,dan mereka menangis pada saat lingkungan mereka kurang ramah.Seharusnya orangtua harus lebih bersimpati pada kehidupan psikisnya.Problema pun tidak hanya terjadi pada anak kecil saja tapi juga pada anak remaja.Orangtua sering tidak mengetahui dengan perubahan-perubahan tingkah laku anak,misalnya yang tadinya patuh menjadi keras kepala dan tidak mengindahkan perintah dari orang tuanya.Selain itu tingkah laku anak berbeda-beda,untuk anak pertama,kedua ataupun anak ketiga dan anak-anak seterusnya.Semua itu harus di ketahui oleh para orangtua.
         Banyak hal yang harus kita ketahui tentang dunia anak,baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.Untuk itu saya tertarik untuk mengangkat permasalah in dengan tema “Periodisasi Perkembangan”.Agar semua orangtua,guru,dan siapapun orang-orang yang berkiprah dalam bidang pendidikan dan perawatan anak,mereka semua harus memahami tahap dan tugas perkembangan anak.
B. Rumusan Masalah
Adapun masalah-masalah yang akan di bahas dalam makalah ini meliputi :
1.      Apa itu periodesasi perkembangan?
2.      Bagaimana tahap perkembangan menurut para ahli?
3.      Apa saja Tahap-Tahap Perkembangan?
C. Tujuan Masalah
            Adapun tujuan dari masalah ini yaitu:
1.      Mengetahui definisi priodesasi perkembangan
2.      Mengetahui tahap-tahap perkembangan menurut para ahli
3.      Mengetahui tahap perkembangan  


BAB II
PEMBAHASAN

A.Periodesasi Pekembangan
Periodisasi berasal dari bahasa Indonesia yang artinya lingkaran waktu.(Kamus Umum Bahasa Indonesia:740).
Sedangkan perkembangan adalah perubahan secara kualitatif,berkaitan dengan fungsi-fungsi pribadi manusia. Perkembangan seorang individu takkan berlangsung begitu saja.Semuanya melalui sebuah tahap atau fase-fase perkembangan yang berjalan maju dan takkan pernah berjalan mundur.
Perkembangan pada individu melibatkan berbagai factor yang saling bertautan satu sama lain. Selama menjalani perkembangan, seorang individu akan melewati suatu fase-fase menuju kesebuah perubahan.
.
B. Tahap Perkembangan Menurut Para Ahli
1. Aristoteles
 Menggambarkan perkembangan individu, sejak anak sampai dewasa itu kedalam tiga tahapan, setiap tahapan lamanya tujuh tahun, yaitu : F Tahap I : Dari 0,0 sampai 7,0 tahun (masa anak kecil atau masa bermain) F Tahap II : Dari 7,0 sampai 14,0 tahun (masa anak, masa sekolah rendah) F Tahap III : Dari 14,0 sampai 21,0 tahun (masa remaja / puberitas, masa peralihan dari usia anak menjadi orang dewasa) Penahapan ini didasarkan pada gejala dalam perkembangan fisik (jasmani). Hal ini dapat dijelaskan bahwa antara tahap I

dan tahap II dibatasi oleh pergantian gigi, antara tahap II dan tahap III ditandai dengan mulai berfungsinya organ-organ seksual.
4.      Kretcmer
Mengemukakan bahwa dari lahir sampai dewasa individu melewati empat tahapan, yaitu : F Tahap I: Usia 0,0 hingga 3,0 tahun ; Fukungs (pengisian) periode I : pada fase ini anak kelihatan pendek gemuk. F Tahab II : Usia dari kira-kira 3,0 tahun sampai 7,0 tahun ; Streckungs (rentangan) periode I : pada periode ini anak kelihatan langsing (memanjang / meninggi). F Tahap III : Dari kira-kira 7,0 sampai 13 tahun ; Fukungs periode II : pada masa ini anak kelihatan pendek gemuk kembali. F Tahap IV : Dari kira-kira 13,0 tahun sampai kira-kira 20,0 tahun ; Streckung periode II : pada periode ini anak kembali kelihatan langsing.

5.      Ellizabeth Hurlock
Mengemukakan penadapat perkembangan individu melalui lima tahap, yakni : F Tahap I: Fase Pranatal (sebelum lahir) mulai dari masa konsepsi sampai proses kelahiran, yaitu sekitar 9 bulan atau 280 hari. F Tahap II: Infancy (orok), mulai lahir sampai usia 10 hingga 14 hari. F Tahap III: Baby hood ( bayi) mulai usia 2 minggu sampai 2 tahun F Tahap IV : Childhood (kanak-kanak) mulai 2 tahun sampai masa remaja (puber) F Tahap V : Adolescence / puberty, mulai usia 11 atau13 tahun sampai usia 21 tahun
C.Tahap-Tahap Perkembangan
A . Masa Pranatal

Masa ini dimana proses pertumbuhan dan perkembangan dimulai sejak masa konsepsi yakni pertemuan antara spermatozoon dengan sel telur yang bakal menjadi calon manusia.Maka jelas bahwa masa Pra-natal itu ditandai dengan terjadinya proses pembentukan sistem jaringan dan struktur organ-organ fisik.Proses perubahan spermatozoon dengan sel telur yang bakal menjadi calon manusia terjadi sangat cepat yaitu pada 9 bulan 10 hari atau 42-43 minggu masa kehamilan.Kondisi janin dalam masa kehamilan itu begitu rentan terhadap pengaruh likungan hidupnya,bagaimana ibunya menjaga kesehatan,kebiasaan dan prilaku baik dan buruknya
.Apabila kondisi fisologis dan kondisi psikologis ibunya baik pada saat kehamilan akan membuat individu tumbuh kembang sebagai anak yang baik.Namun sebaliknya apabila kondisi yang penuh konflik antara suami dan istri,kesehatan yang kurang baik,banyak menghisap rokok dan lain sebagainya,maka bayi yang akan dilahirkan memiliki ganguan mental dimasa perkembangan selanjutnya.
  B. Masa Bayi
Melalui masa yang cukup lama yaitu 9 bulan 10 hari menyebabkan ia merasa telah siap untuk dilahirkan ke dunia ini.Pada saat dilahirkan seorang bayi menangis untuk menandakan berfungsinya perasaan dan panca indranya untuk beradaptasi diri dengan lingkungan hidupnya yang baru. Dan adapun perkembangan nya adalah
1.       Perkembangan Fisik
Selama dua tahun pertama kehidupannya,perkembangan fisik bayiberlangsung sangat ekstensif.Pada saat lahir,bayi memilki kepala yang sangat besar dibandingkan dengan bagian tubuh lain.Tubuhnya bergerak terus –menerus ke kiri dan ke kanan. Dalam rentang waktu 12 bulan, bayi-bayi dapat duduk, berdiri, membungkuk,memanjat, dan bahkan berjalan. Kemudian selam tahun kedua ,pertumbuhannya melambat.
2.       Perkembangan Bahasa
Semua manusia yang normal dapat menguasai bahasa,sebab sejak lahir manusia telah memilki kemampuan dan kesiapan untuk mempelajari bahasa dengan sendirinya.Jadi sesungguhnya bayi sudah menunjukkan kemampuan khusus berbahasa, termasuk menyeleksi perhatian, membedakan suara, meniru aspek-aspek pembicaraan, mensingkronkan gerakan dengan nada suara dan lebih khusus lagi kemampuan memahami fonem.
3.       Perkembangan Kognitif
Menurut Piaget bahwa pemikiran seorang anak berkembang melalui serangkaian tahap pemikiran dari masa bayi hingga  masa dewasa. Kemampuan bayi melalui tahap-tahap tersebut bersumber dari tekanan biologis untuk menyelesaikan diri dengan lingkungannya( melalui asimilasi dan akomodasi) serta adanya pengorganisasian struktur berpikir.
4.       Perkembangan Emosi
Para ahli telah lama mempercayai bahwa kemampuan untuk bereaksi secara emosional sudah ada pada bayi yang baru lahir seperti menangis,tersenyum dan frustasi.
5.       Perkembangan Sosial
Bayi yang baru lahir telah memiliki perasaan sosial, yakni kencendrunagan alami untuk berinteraksi dan melakukan penyesuaian sosial terhadap orang lain

  C. Masa Kanak-Kanak
 Masa kanak-kanak dimulai setelah melewati masa bayi yang penuh ketergantungan,yakni              kira-kira usia 2 tahun sampai saat anak matang secara seksual,yakni kira-kira usia 13 tshun

untuk wanita dan 14 tahun untuk pria.Selama periode ini(kira-kira 11 tahun bagi wanita dan 12 tahu bagi pria) terjadi sejumlah perubahan yang signifikan baik secara fisik maupun psikologis.Masa kanak-kanak berlangsung dari 2 tahun sampai 6 tahun. Dan perkembangannya meliputi
1.      Perkembangan Fisik

Selama masa kanak-kanak ,pertumbuhan fisik berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan selama masa bayi .Meskipun selama masa kanak-kanak pertumbuhan fisik mengalami perlambatan,namun keterampilan motorik kasar dan motorik halus justru berkembang pesat
2.      Perkembangan Bahasa
Perkembangan bahasa yang yang pesat .Disamping itu,pada masa ini penguasan kosakata anak juga meningkat
3.      Perkembangan Kognitif
Seiring dengan meningkatnya kemampuan anak untuk mengeksplorasi lingkungan,karena bertambah besarnya koordinasi dan pengendalian motorik yang disertai dengan meningkatnya kemampuanuntuk bertanya dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti orang lain,maka dunia kognitif anak berkembang pesat ,makin kreatif,bebas,dan imajinatif.
4.      Perkembangan Emosi
Pada masa ini anak-anak emosi anak masih belum bisa terkontrol seperti mudah mencela,mudah mengkritik dan memulai suatu pertengkaran


5.      Perkembangan Sosial
Pada masa-masa kanak-kanak perkembangan sosial yang cukup pesat,diantaranya permainan,hubungan dengan orang lain dan perkembangan moral.
6.      Perkembangan Moral
Seiring dengan perkembangan sosial,anak-anak usia prasekolah juga mengalami perkembangan moral .
D.. Masa Anak-Anak
Anak usia 6-12  tahun yang biasanya duduk di bangku sekolah dasar kelas 1,2,atau 3 sedang dalam fase konkrit.Meraka akan mampu untuk mengerjakan soal matematika seperti penambahan,pengurangan,perkalian yang sangat sederhana.Untuk tugas yang rumit anak akan menemui kesulitan,kecuali anak-anak yang mempunyai kemampuan melebihi anak-anak,seusianya.
1.      Perkembangan Fisik
Pada masa anak-anak merupakan periode pertumbuhan fisik yang lambat dan relat
if seragam sampai mulai terjadi perubahan-perubahan pubertas kira-kira 2 tahun menjelang  anak menjadi matang secara seksual ,pada masa ini pertumbuhan berkembang pesat.
2.      Perkembangan Bahasa
Selama masa ini perkembangan bahasa terus berlanjut .Pembendaharaan kosakata anak meningkat dan cara anak-anak menggunakan kata dan kalimat bertambah kompleks serta lebih menyerupai bahasa orang dewasa.
3.      Perkembangan Kognitif
Seiring dengan masuknya anak ke sekolah dasar,maka kemampuan kognitifnya turut mengalami perkembangan yang pesat .

4.      Perkembangan Sosial
Dunia sosial anak semakin semakin kompleks dan berbeda dengan masa awal anak seperti :adanya pemahaman diri,adanya hubungan dengan keluarga dan adanya hubungan dengan teman sebaya
5.      Perkembangan Emosi
Pada masa ini anak-anak emosi anak masih belum bisa terkontrol seperti mudah mencela,mudah mengkritik dan memulai suatu pertengkaran  dengan teman sepermainan nya.
6.      Perkembangan Moral
Perkembangan moral pada usia ini perkebangan moral semakin meningkat
7.      Perkembangan IQ
Pada usia ini IQ anak sudah bisa di ketahui dikategorikan sebagai anak yang pandai /cerdas(genius),sedang atau bodoh (idiot).
E. Masa Remaja
Masa remaja adalah masa transisi untuk menuju masa dewasa.Dimulai dari umur 13-21 tahun  dan banyak sekali perubahan dari masa anak-anak ke masa remaja seperti:
1.      Perkembangan Fisik
.Ciri pertumbuhan masa remaja ini ditandai dengan pertumbuhan fisik yang relatif cepat,sehingga oragan fisik mencapai taraf kematangan yang memungkinkan untuk bereproduksi secara sempurna.Konsekuensi dari perubahan fisk ini adalah apabila

meraka melakukan hubungan seksual akan mengakibatkan kehamilan pada perempuan.Oleh karena itulah para orangtua harus banyak mewaspadai segala tingkah laku anak-anaknya ketika anaknya telah memasuki masa remaja..
2.      Perkembangan Bahasa
Pada usia ini cara berbahasa dipengaruhi bagamaina dia bergaul seperti dia akan berbahasa formal dalam  forum resmi dan akan berbahasa gaul apabila berbicara denagna teman sebaya nya.
3.      Perkembangan Kognitif
Masa remaja adalah sutu periode kehidupan dimana kapasitas untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan secara efisien mencapai puncaknya.,proses pertumbuhan otak mencapai kesempurnaan
4.      Perkembangan Emosi
.Ciri lain dari masa remaja itu adalah sifat pemberontak,progresif yang cenderung ingin mengubah kondisi yang mapan.


5.      Perkembangan Sosial
Pada masa remaja dia mulai mengembangkan suatu gaya pikiran egosentris,dimana mereka lebih memikirkan diri sendiri dan jarang memperdulikan orang lain.
6.      Perkembangan Moral
Tingkat penalaran moral pada usia remaja pada tahap konvesional (matang).
F. Masa Dewasa
Yang tergolong dewasa muda adalah mereka yang berumur 22-40 tahun dan mengalami perkembangan seperti:
1.      Perkembangan Fisik
Pada masa dewasa kemapuan fisik mencapai puncaknya seperti kesehatan badan,sensor dan perseptual,serta otak.
2.      Perkembangan Kognitif
Dilihat dari sisi kognitifnya mereka telah lulus sekolah menengah umum dan memasuki dunia perguruan tinggi,lalu segera mengembangkan karier sesuai dengan minat-bakatnya.
3.      Perkembangan Emosi
Pada masa ini emosi sudah bisa dikontrol
4.      Perkembangan Sosial
Selama masa dewasa,dunia sosial dan personal dari individu menjadi lebih luas dan kompleks
5.      Perkembangan IQ
Pada usia ini IQ mengalami penurunan sedikit demi sedikit
G. Masa Manula
Masa ini dimana setiap individu akan memasuki masa kematian.Kenyataanlah yang mengharuskan mereka untuk menjdi tua meskipun tak ada seorangpun yang menginginkannya. Dan mengalami  beberapa perkembangan yaitu
1.      Perkembangan Fisik
Sebagian besar mereka memiliki kondisi fisik yang sehat dan aktif dalam berkaryanya.Namun dalam melakukan kegitana fisik mereka cenderung mudah lelah,dan waktu reaksi terhadap stimulus tergolong lambat.Apalagi yang bekerja menggunakan intelektual,maka kegiatan fisik cenderung dikurangi frekuensinya.

2.      Perkembangan Kognitif
Dengan bertambahnya umur maka kemampuan kognitifnya berkurang .
3.      Perkembangan Emosi
Pada usia ini emosi kurang stabil karena mudah tersinggung
4.      Perkembangan IQ
Pada masa ini kemampuan IQ menurun dengan drastis



















BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Periodisasi perkembangan adalah suatu tahapan perkembangan dari masa pranatal sampai masa dewasa akhir. Tahapan perkembangan menurut pendapat para ahli diantaranya :
Tahap perkemabangan ada 7 yaitu :
1.      Masa Pranatal
2.      Masa Bayi
3.      Masa Kanak-Kanak
4.      Masa Anak-Anak
5.      Masa Remaja
6.      Masa Dewasa
7.      Masa Manula














DAFTAR PUSTAKA
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga tahun pertama (Psikologi Atitama). Bandung
Poedarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa indonesia.Jakarta: PN Balai Pustaka
Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung.
Desmita.Psikologi Perkembangan.Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar