Selasa, 02 Juli 2013

KEPEDULIAN SOSIA



MAKALAH HADIST  TARBWI
                  KEPEDULIAN SOSIAL
OLEH 
LARAS BILKIS


BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Kepedulian sosial termasuk dalam ibadah jika dilaksanakan dengan tujuan kebaikan. Kepedulian social dapat diartikan sebagai sikap memperhatikan urusan orang lain (sesama anggota masyarakat). Kepedulian social yang dimaksud disini bukanlah untuk mencampuri urusan oranglain, tetapi lebih pada membantu menyeleseikan permasalahan yang dihadapi oranglain dengan tujuan perdamaian dan kebaikan.
Manusia memang sejatinya tidak akan pernah terlepas dari kehidupan sosial, karena memang manusia merupakan makhluk sosial, makhluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan oranglain yang akan melahirkan kebersamaan,berkomunikasi, tolong menolong dan dalam berbagai aktivitas social lainnya. Dalam pandangan islam seseorang tidak akan dikatakan sempurna imannya sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Sebenarnya pandangan islam yang demikian sudah benar, tetapi kenyataannya sekarang masih banyak orang yang kurang peduli terhadap permasalahan sosial ini sehingga tatanan sosial menjadi kurang seimbang yang mengakibatnkan banyak terjadi kekacauan seperti pencurian, perampokan,dll. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kepedulian sosial dalam perspektif hadits Rasulullah SAW.

B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas kami merumuskan masalah sebagai berikut:
             1.      Bagaimana Hadits tentang Memperhatikan Kesulitan Orang Lain?
             2.      Bagaimana Hadits tentang Meringankan Penderitaan dan Beban Orang Lain?
             3.      Bagaimana Penjelasan Hadits Kepedulian Sosial?

C. TUJUAN MASALAH

1.      Untuk mengetahui Hadits tentang Memperhatikan Kesulitan Orang Lain.
2.      Untuk mengetahui Hadits tentang Meringankan Penderitaan dan Beban orang lain.
3.      Untuk  mengetahui penjelasan Hadist Kepedulian Sosial.



BAB II
PEMBAHASAN

A.   Hadits Tentang Memperhatikan Kesulitan Orang Lain (BM:1493)

حَدَ سَنَا يَحْيَ اَخْبَرَنَا وَقَالَ الَاخَرَانِ حَدَّ ثَنَا اَبُو مُعَا وِّيَتَهَ عَنْ الاْعْمَسِ عَنْ اَبِى صَالِحْ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ ر.ع.قال:قال رسول الله ص.م: مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الُّد نْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلىَ مُعْسِرٍيَسَّرَاللهُ عَلَيْهِ فِى الُّد نْيَا وَالْاَخِرَاةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله فِى الُّد نْيَا وَالْاخِرَةِ وَالله فِى يَحْيَ التَمِمِيُّ وَاَبُو بَكْرِبْنُ اَبِى شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ العَلَاءِ الهَمْدَ نِيُّ وَالْلَفْظُ لْيَحْيَ قَالَ عَوْنِ الْعِبَدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ اَخِيْهِ(روه لمسلم)[1][1]       Terjemah Hadits
“Telah menceritakan kepada kami yahya bin Yahya At-Tamimi dan Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Muhammad bin Al-‘Ala Al-hamdani dan lafadh ini milik yahya ,Dia berkata; telah mengabarkan kepada kami, dan berkata lainya, telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah dari Al-A’masy  dari abu Shalih dari Abu Hurairah dia berkata; rasulullah SAW telah bersabda: “Barang siapa membebaskan seorang mukmin dari suatu kesulitan dunia , maka Allah akan membebaskannya dari suatu kesulitan pada hari kiamat. Dan barang siapa memberi kelonggaran kepada seorang yang susah, niscaya Allah akan memberi kelonggaran baginya di dunia dan di akhirat, dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah menutup aib dia di dunia dan di akhirat. Dan Allah selamanya menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya.”
    Sanad Hadits
حَدَ سَنَا يَحْيَ التَمِمِيُّ وَاَبُو بَكْرِبْنُ اَبِى شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ العَلَاءِ الهَمْدَ نِيُّ وَالْلَفْظُ لْيَحْيَ قَالَ يَحْيَ اَخْبَرَنَا وَقَالَ الَاخَرَانِ حَدَّ ثَنَا اَبُو مُعَا وِّيَتَهَ عَنْ الاْعْمَسِ عَنْ اَبِى صَالِحْ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ ر.ع.قال:قال رسول الله ص.م                                                                            
Telah menceritakan kepada kami yahya bin Yahya At-Tamimi dan Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Muhammad bin Al-‘Ala Al-hamdani dan lafadh ini milik yahya ,Dia berkata; telah mengabarkan kepada kami, dan berkata lainya, telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah dari Al-A’masy  dari abu Shalih dari Abu Hurairah dia berkata; rasulullah SAW telah bersabda:


  `  Matan Hadits
مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الُّد نْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلىَ مُعْسِرٍيَسَّرَاللهُ عَلَيْهِ فِى الُّد نْيَا وَالْاَخِرَاةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله فِى الُّد نْيَا وَالْاخِرَةِ وَالله فِى عَوْنِ الْعِبَدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ اَخِيْه                                       

 “Barang siapa membebaskan seorang mukmin dari suatu kesulitan dunia , maka Allah akan membebaskannya dari suatu kesulitan pada hari kiamat. Dan barang siapa memberi kelonggaran kepada seorang yang susah, niscaya Allah akan memberi kelonggaran baginya di dunia dan di akhirat, dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah menutup aib dia di dunia dan di akhirat. Dan Allah selamanya menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya.”
        
B.   Hadits tentang meringankan penderitaan dan beban orang lain (AN:23)

حَدَ ثَنَا قُتَيْبَة بنُ سَعِيْدٍ حَدَ ثَنَالَيْث عَنْ عُقَيلْ عَنْ الُّزهْرِى عَنْ سَالِمٍ عَنْ اَبِيْهِ اَنَّ رَسُولُ الله    ص.م:اَلْمُسْلِمُ اَخُوْالْمُسْلِمِ لَايَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ اَخِيْهِ كَانَ اللهُ فِيْ حَاجَتِهِ وَمَنْفَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اَللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَمُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ القِيَا مَة (روه البخري و مسلم وابودا ود والنسائ والترمذي)[2][2]                       

    Terjemah Hadits
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id, telah menceritakan kepada kami Laits dari ‘Uqail dari Az-Zuhri dari Salim dari bapaknya bahwa Rasulullah SAW bersabda: “ seorang muslim dari muslim yang lain adalah bersaudara, ia tidak boleh berbuat dzalim dan aniaya kepada saudaranya yang muslim. Barang siapa yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Barang siapa membebaskan orang muslim dari suatu kesulitan, maka Allah akan membebaskannya dari kesulitan pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat kelak.

    Sanad Hadits
حَدَ ثَنَا قُتَيْبَة بنُ سَعِيْدٍ حَدَ ثَنَالَيْث عَنْ عُقَيلْ عَنْ الُّزهْرِى عَنْ سَالِمٍ عَنْ اَبِيْهِ اَنَّ رَسُولُ الله ص.م
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id, telah menceritakan kepada kami Laits dari ‘Uqail dari Az-Zuhri dari Salim dari bapaknya bahwa Rasulullah SAW bersabda:

    Matan Hadits
اَلْمُسْلِمُ اَخُوْالْمُسْلِمِ لَايَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ اَخِيْهِ كَانَ اللهُ فِيْ حَاجَتِهِ وَمَنْفَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اَللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَمُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ القِيَا مَة.                                                                                                 
seorang muslim dari muslim yang lain adalah bersaudara, ia tidak boleh berbuat dzalim dan aniaya kepada saudaranya yang muslim. Barang siapa yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Barang siapa membebaskan orang muslim dari suatu kesulitan, maka Allah akan membebaskannya dari kesulitan pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat kelak.



    

      C.     Penjelasan Hadits
Hadits di atas mengajarkan kepada kita untuk selalu memperhatikan sesama muslim dan memberikan pertolongan jika seorang mendapatkan kesulitan.
Melepaskan kesusahan orang lain sangat luas maknanya, bergantung pada kesusahan yang sedang diderita oleh saudaranya seiman tersebut. Jika saudaranya termasuk orang miskin, sedangkan dia termasuk orang yang berkecukupan atau kaya, dia harus berusaha menolongnya dengan cara memberikan pekerjaan atau bantuan sesuai kemampuanya; jika saudaranya sakit, dia berusaha menolongnya, antara lain dengan membantu memanggilkan dokter atau memberikan sebagian uangnya guna meringankan biaya pengobatanya.
Orang muslim yang membantu meringankan atau melonggarkan kesusahan saudaranya yang seiman berarti telah menolong hamba Allah SWT. Allah pun akan memberikan pertolongan-Nya serta menyelamatkannya dari berbagai kesusahan, baik di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana firman-Nya:
“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Q.S. Muhammad: 7)


Begitu pula orang yang membantu kaum muslimin agar terlepas dari berbagai cobaan dan bahaya, ia akan mendapat pahala yang lebih besar dari Allah SWT. Dan Allah SWT pun akan melepaskannya dari berbagai kesusahan yang akan dihadapinya, baik di dunia maupun di akhirat, pada hari ketika harta benda, anak, maupun benda-benda yang selama ini dibanggakan di dunia tidak lagi bermanfaat. Pada waktu itu hanya pertolongan Allah saja yang akan menyelamatkan manusia. Berbahagialah bagi mereka yang bersedia untuk    


melepaskan penderitaan sesama orang mukmin kerena pada hari kiamat nanti, Allah akan menyelamatkannya.
Adakalanya  suatu masalah sangat sulit untuk diatasi atau hanya dapat diselesaikan oleh yang bersangkutan. Terhadap masalah seperti itu, seorang mukmin ikut melonggarkannya atau memberikan pandangan dan jalan keluar, meskipun dia sendiri tidak terlibat secara langsung. Bahkan, hanya dengan mendengarkan curhat atau keluhannya saja sudah cukup untuk mengurangi beban yang dihadapi olehnya. Dengan demikian, melonggarkan kesusahan orang lain haruslah sesuai dengan kemampuan saja dan bergantung pada kesusahan yang sedang dialami oleh saudaranya seiman tersebut. Orang yang berusaha sekuat tenaga untuk melonggarkan penderitaan saudaranya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, dia akan mendapat pertolongan dari Allah SWT, yaitu Allah akan melonggarkan berbagai kesusahannya, baik di dunia maupun di akhirat.
Orang mukmin pun harus berusaha menutupi aib saudaranya. Dia harus berusaha menjaga rahasia saudaranya. Apalagi jika dia tahu bahwa orang yang bersangkutan tidak akan senang kalau aib atau rahasianya diketahui oleh orang lain. Namun jika keaiban itu termasuk kejahatan, maka dia tidak boleh menutupinya.  Jika dia tetap saja menutupi aib tersebut, perbuatan seperti itu sangat dicela dan tidak dibenarkan dalam islam, sebagaimana firman-Nya:
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.” (Q.S. Al-Maidah: 2)
Dengan demikian, jika melihat seseorang akan melakukan kejahatan atau dosa, setiap mukmin harus  berusaha untuk mencegahnya dan menasehatinya. Jika orang tersebut sudah terlanjur melakukan perbuatan dosa, suruhlah bertaubat kerena Allah maha pengampun dan maha penerima taubat. Tindakan    
    itu termasuk pertolongan juga kerena berusaha menyelamatkan seseorang dari adzab Allah. Itulah makna lain dari menutupi aib kaum muslimin, yakni menutupi agar saudaranya tidak terjerumus ke dalam kesesatan dan dosa.        
    Allah pun akan menutupi aib kita  di dunia maupun di akhirat jika kita mampu menjaga aib baik maupun buruk sesama muslim di dunia.
Yang paling penting dalam melakukan perbuatan yang dianjurkan syara’, seperti menolong atau melonggarkan kesusahan orang lain, adalah tidak mengharapkan pamrih dari orang yang di tolong, melainkan ikhlas adalah semata-mata menjalankan perintah Allah dan di dasari rasa iman dan ingin mendapatkan ridho-Nya.
Sebenarnya, inti dari hadits di atas adalah agar umat islam memiliki jiwa kepedulian yang tinggi dan kepekaan terhadap saudara-saudara seimannya. Orang yang memiliki harta melebihi orang lain, hendaknya tidak menjadikan sombong atau tinggi hati serta tidak mau menolong orang yang sangat membutuhkan pertolongannya. Karena pada hakikatnya Allah menciptakan manusia dengan kehidupan yang berbeda-beda itu adalah untuk saling melengkapi satu sama lain.
Jika dunia ini hanya di huni oleh orang yang kaya, siapa yang akan menjadi petani atau mengerjakan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh orang yang miskin? Dengan demikian pada hakikatnya hidup di dunia ini saling melengkapi, orang kaya tidak akan kaya jika tidak ada orang miskin, semakin kaya seseorang, ia semakin membutuhkan orang miskin. Rasulullah Bersabda: “Kalian ditolong dan diberi rejeki hanyalah oleh kaum lemah di antara kalian.”(HR.Bukhari).
Peduli terhadap sesame tidak hanya dalam masalah materi saja, tetapi dalam berbagai hal yang menyebabkan orang lain susah. Jika mampu, setiap muslim harus berusaha untuk menolong sesamanya.[3][3]

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN

            Sudah jelas hadits di atas mengajarkan kepada kita bahwa seorang muslim itu harus saling tolong-menolong dalam kebenaran dan kesabaran, selain itu hadits ini juga mengajarkan kepada kita agar peka terhadap problematika sosial yang muncul di hadapan kita sehingga jika kita meringankan beban orang lain maka pada hakikatnya kita telah meringankan beban kita sendiri seperti yang dijelaskan hadits di atas.
            Oleh karena itu sudah terbukti jelas bahwa Al-Quran dan Sunnah akan tetap sesuai dan relevan dengan perubahan zaman tanpa harus dirombak, direvisi, diamandemen dll. Seperti tindakan para Jaringan Iblis Liberal yang terus menerus menyuntikan paham liberalnya ketengah-tengah umat Islam. Mudah-mudahan Allah memperkuat Islamic Worldview kita dalam menghadapi arus pemikiran liberal tersebut, dan mudah-mudahan para Jaringan Iblis Liberal itu bertaubat.

















DAFTAR PUSTAKA


Al-Qur’anul Karim
Imam an-Nawawi. Riyadlush ash-Shalihin,
 Syarah Shahih Muslim. Beirut:Dar al-Fikr
Hassan, Ahmad. 1972. Tarjamah Bulughul Maraam. Bandung: CV. Diponegoro.
Syafei, Rahmat. 2000. Al-Hadis Aqidah, Akhlaq, Sosial dan Hukum. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Alawi Abbas al-Maliki dan Hasan Sulaiman al-Nuri. 2010. Ibanatul Ahkam Syarh Bulughul   Maram Min










Tidak ada komentar:

Posting Komentar