MAKALAH
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
PERIODESASI PERKEMBANGAN
Disusun Oleh :
KELOMPOK 5
LARAS BILKIS
M.NADZIR
M.SEIN CHAIDIR
IMAN
HARIANTO
MUSTANG.H
NUR RAHMAT
ARIEF
ALIM BAHRI
SUKRI
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN 2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada sang maha kuasa Allah SWT atas rahmat-Nya
yang telah dilimpahkan kepada segenap hamba-Nya, takter kecuali kepada penulis,
sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan
yang berjudul “Periodesasi Perkembangan” yang merupakan tugas mata kuliah Psikologi Perkembangan pada semester
dua.
Besar harapan penulis kepada para pembaca karya ilmiah ini, bila terselip
kekurangan terhadap makalah ini, maka saran dan kritik pembaca, cukup menjadi referens
imotivasi dalam penyusunan makalah di masa yang akan datang, menujukesempurnaan.
Akhir kata, semoga makalah ini banyak member manfaat kepada pihak pembaca
pada umumnya, dan khusunya kepada penulis.
Makassar,16
Juni 2013
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR
BELAKANG
Setiap individu yang normal akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan.Hal ini dimulai sejak terjadinya peristiwa konsepsi hingga kelahiran menjadi seorang bayi,kemudian tumbuh kembang sebagai anak-anak,remaja,dewasa dan sampai mati.Semua itu tumbuh kembang dengan berbagai tahapan.
Diantara problematika anak lahir dari ketidakpahaman kita sebagai orangtua.Ketika anak diam,dan mereka menangis pada saat lingkungan mereka kurang ramah.Seharusnya orangtua harus lebih bersimpati pada kehidupan psikisnya.Problema pun tidak hanya terjadi pada anak kecil saja tapi juga pada anak remaja.Orangtua sering tidak mengetahui dengan perubahan-perubahan tingkah laku anak,misalnya yang tadinya patuh menjadi keras kepala dan tidak mengindahkan perintah dari orang tuanya.Selain itu tingkah laku anak berbeda-beda,untuk anak pertama,kedua ataupun anak ketiga dan anak-anak seterusnya.Semua itu harus di ketahui oleh para orangtua.
Banyak hal yang harus kita ketahui tentang dunia anak,baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.Untuk itu saya tertarik untuk mengangkat permasalah in dengan tema “Periodisasi Perkembangan”.Agar semua orangtua,guru,dan siapapun orang-orang yang berkiprah dalam bidang pendidikan dan perawatan anak,mereka semua harus memahami tahap dan tugas perkembangan anak.
Setiap individu yang normal akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan.Hal ini dimulai sejak terjadinya peristiwa konsepsi hingga kelahiran menjadi seorang bayi,kemudian tumbuh kembang sebagai anak-anak,remaja,dewasa dan sampai mati.Semua itu tumbuh kembang dengan berbagai tahapan.
Diantara problematika anak lahir dari ketidakpahaman kita sebagai orangtua.Ketika anak diam,dan mereka menangis pada saat lingkungan mereka kurang ramah.Seharusnya orangtua harus lebih bersimpati pada kehidupan psikisnya.Problema pun tidak hanya terjadi pada anak kecil saja tapi juga pada anak remaja.Orangtua sering tidak mengetahui dengan perubahan-perubahan tingkah laku anak,misalnya yang tadinya patuh menjadi keras kepala dan tidak mengindahkan perintah dari orang tuanya.Selain itu tingkah laku anak berbeda-beda,untuk anak pertama,kedua ataupun anak ketiga dan anak-anak seterusnya.Semua itu harus di ketahui oleh para orangtua.
Banyak hal yang harus kita ketahui tentang dunia anak,baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.Untuk itu saya tertarik untuk mengangkat permasalah in dengan tema “Periodisasi Perkembangan”.Agar semua orangtua,guru,dan siapapun orang-orang yang berkiprah dalam bidang pendidikan dan perawatan anak,mereka semua harus memahami tahap dan tugas perkembangan anak.
B. Rumusan Masalah
Adapun masalah-masalah yang akan di bahas dalam makalah ini meliputi
:
1.
Apa itu
periodesasi perkembangan?
2.
Bagaimana tahap
perkembangan menurut para ahli?
3.
Apa saja
Tahap-Tahap Perkembangan?
C. Tujuan Masalah
Adapun tujuan dari masalah ini yaitu:
1.
Mengetahui
definisi priodesasi perkembangan
2.
Mengetahui
tahap-tahap perkembangan menurut para ahli
3.
Mengetahui tahap
perkembangan
BAB II
PEMBAHASAN
A.Periodesasi
Pekembangan
Periodisasi berasal dari bahasa Indonesia yang artinya
lingkaran waktu.(Kamus Umum Bahasa Indonesia:740).
Sedangkan perkembangan adalah perubahan secara kualitatif,berkaitan dengan fungsi-fungsi pribadi manusia. Perkembangan seorang individu takkan berlangsung begitu saja.Semuanya melalui sebuah tahap atau fase-fase perkembangan yang berjalan maju dan takkan pernah berjalan mundur.
Sedangkan perkembangan adalah perubahan secara kualitatif,berkaitan dengan fungsi-fungsi pribadi manusia. Perkembangan seorang individu takkan berlangsung begitu saja.Semuanya melalui sebuah tahap atau fase-fase perkembangan yang berjalan maju dan takkan pernah berjalan mundur.
Perkembangan pada individu
melibatkan berbagai factor yang saling bertautan satu sama lain. Selama
menjalani perkembangan, seorang individu akan melewati suatu fase-fase menuju
kesebuah perubahan.
.
B. Tahap Perkembangan Menurut Para Ahli
B. Tahap Perkembangan Menurut Para Ahli
1. Aristoteles
Menggambarkan perkembangan individu, sejak
anak sampai dewasa itu kedalam tiga tahapan, setiap tahapan lamanya tujuh
tahun, yaitu : F Tahap I : Dari 0,0 sampai 7,0 tahun (masa anak kecil atau masa
bermain) F Tahap II : Dari 7,0 sampai 14,0 tahun (masa anak, masa sekolah
rendah) F Tahap III : Dari 14,0 sampai 21,0 tahun (masa remaja / puberitas,
masa peralihan dari usia anak menjadi orang dewasa) Penahapan ini didasarkan
pada gejala dalam perkembangan fisik (jasmani). Hal ini dapat dijelaskan bahwa
antara tahap I
dan tahap II dibatasi oleh
pergantian gigi, antara tahap II dan tahap III ditandai dengan mulai
berfungsinya organ-organ seksual.
4.
Kretcmer
Mengemukakan bahwa dari lahir sampai dewasa individu
melewati empat tahapan, yaitu : F Tahap I: Usia 0,0 hingga 3,0 tahun ; Fukungs
(pengisian) periode I : pada fase ini anak kelihatan pendek gemuk. F Tahab II :
Usia dari kira-kira 3,0 tahun sampai 7,0 tahun ; Streckungs (rentangan) periode
I : pada periode ini anak kelihatan langsing (memanjang / meninggi). F Tahap
III : Dari kira-kira 7,0 sampai 13 tahun ; Fukungs periode II : pada masa ini
anak kelihatan pendek gemuk kembali. F Tahap IV : Dari kira-kira 13,0 tahun
sampai kira-kira 20,0 tahun ; Streckung periode II : pada periode ini anak
kembali kelihatan langsing.
5.
Ellizabeth Hurlock
Mengemukakan
penadapat perkembangan individu melalui lima tahap, yakni : F Tahap I: Fase
Pranatal (sebelum lahir) mulai dari masa konsepsi sampai proses kelahiran,
yaitu sekitar 9 bulan atau 280 hari. F Tahap II: Infancy (orok), mulai lahir
sampai usia 10 hingga 14 hari. F Tahap III: Baby hood ( bayi) mulai usia 2
minggu sampai 2 tahun F Tahap IV : Childhood (kanak-kanak) mulai 2 tahun sampai
masa remaja (puber) F Tahap V : Adolescence / puberty, mulai usia 11 atau13
tahun sampai usia 21 tahun
C.Tahap-Tahap Perkembangan
A . Masa Pranatal
Masa ini dimana proses pertumbuhan
dan perkembangan dimulai sejak masa konsepsi yakni pertemuan antara
spermatozoon dengan sel telur yang bakal menjadi calon manusia.Maka jelas bahwa
masa Pra-natal itu ditandai dengan terjadinya proses pembentukan sistem
jaringan dan struktur organ-organ fisik.Proses perubahan spermatozoon dengan
sel telur yang bakal menjadi calon manusia terjadi sangat cepat yaitu pada 9
bulan 10 hari atau 42-43 minggu masa kehamilan.Kondisi janin dalam masa
kehamilan itu begitu rentan terhadap pengaruh likungan hidupnya,bagaimana
ibunya menjaga kesehatan,kebiasaan dan prilaku baik dan buruknya
.Apabila kondisi fisologis dan
kondisi psikologis ibunya baik pada saat kehamilan akan membuat individu tumbuh
kembang sebagai anak yang baik.Namun sebaliknya apabila kondisi yang penuh
konflik antara suami dan istri,kesehatan yang kurang baik,banyak menghisap
rokok dan lain sebagainya,maka bayi yang akan dilahirkan memiliki ganguan
mental dimasa perkembangan selanjutnya.
B. Masa Bayi
Melalui masa yang cukup lama yaitu 9
bulan 10 hari menyebabkan ia merasa telah siap untuk dilahirkan ke dunia
ini.Pada saat dilahirkan seorang bayi menangis untuk menandakan berfungsinya
perasaan dan panca indranya untuk beradaptasi diri dengan lingkungan hidupnya
yang baru. Dan adapun perkembangan nya adalah
1.
Perkembangan Fisik
Selama dua tahun pertama kehidupannya,perkembangan fisik
bayiberlangsung sangat ekstensif.Pada saat lahir,bayi memilki kepala yang
sangat besar dibandingkan dengan bagian tubuh lain.Tubuhnya bergerak terus
–menerus ke kiri dan ke kanan. Dalam rentang waktu 12 bulan, bayi-bayi dapat
duduk, berdiri, membungkuk,memanjat, dan bahkan berjalan. Kemudian selam tahun
kedua ,pertumbuhannya melambat.
2.
Perkembangan Bahasa
Semua manusia yang normal dapat menguasai bahasa,sebab sejak
lahir manusia telah memilki kemampuan dan kesiapan untuk mempelajari bahasa
dengan sendirinya.Jadi sesungguhnya bayi sudah menunjukkan kemampuan khusus
berbahasa, termasuk menyeleksi perhatian, membedakan suara, meniru aspek-aspek
pembicaraan, mensingkronkan gerakan dengan nada suara dan lebih khusus lagi
kemampuan memahami fonem.
3.
Perkembangan Kognitif
Menurut Piaget bahwa pemikiran seorang anak berkembang
melalui serangkaian tahap pemikiran dari masa bayi hingga masa dewasa. Kemampuan bayi melalui
tahap-tahap tersebut bersumber dari tekanan biologis untuk menyelesaikan diri
dengan lingkungannya( melalui asimilasi dan akomodasi) serta adanya
pengorganisasian struktur berpikir.
4.
Perkembangan Emosi
Para ahli telah lama mempercayai bahwa kemampuan untuk
bereaksi secara emosional sudah ada pada bayi yang baru lahir seperti
menangis,tersenyum dan frustasi.
5.
Perkembangan Sosial
Bayi yang baru lahir telah memiliki perasaan sosial, yakni
kencendrunagan alami untuk berinteraksi dan melakukan penyesuaian sosial
terhadap orang lain
C. Masa Kanak-Kanak
Masa kanak-kanak dimulai setelah melewati masa bayi yang
penuh ketergantungan,yakni kira-kira usia 2 tahun sampai saat anak
matang secara seksual,yakni kira-kira usia 13 tshun
untuk wanita dan 14 tahun untuk pria.Selama periode
ini(kira-kira 11 tahun bagi wanita dan 12 tahu bagi pria) terjadi sejumlah
perubahan yang signifikan baik secara fisik maupun psikologis.Masa kanak-kanak
berlangsung dari 2 tahun sampai 6 tahun. Dan perkembangannya meliputi
1.
Perkembangan Fisik
Selama masa kanak-kanak ,pertumbuhan
fisik berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan selama masa
bayi .Meskipun selama masa kanak-kanak pertumbuhan fisik mengalami
perlambatan,namun keterampilan motorik kasar dan motorik halus justru
berkembang pesat
2.
Perkembangan Bahasa
Perkembangan
bahasa yang yang pesat .Disamping itu,pada masa ini penguasan kosakata anak
juga meningkat
3.
Perkembangan Kognitif
Seiring
dengan meningkatnya kemampuan anak untuk mengeksplorasi lingkungan,karena
bertambah besarnya koordinasi dan pengendalian motorik yang disertai dengan
meningkatnya kemampuanuntuk bertanya dengan menggunakan kata-kata yang dapat
dimengerti orang lain,maka dunia kognitif anak berkembang pesat ,makin
kreatif,bebas,dan imajinatif.
4.
Perkembangan Emosi
Pada
masa ini anak-anak emosi anak masih belum bisa terkontrol seperti mudah
mencela,mudah mengkritik dan memulai suatu pertengkaran
5.
Perkembangan Sosial
Pada
masa-masa kanak-kanak perkembangan sosial yang cukup pesat,diantaranya
permainan,hubungan dengan orang lain dan perkembangan moral.
6.
Perkembangan Moral
Seiring
dengan perkembangan sosial,anak-anak usia prasekolah juga mengalami perkembangan
moral .
D.. Masa Anak-Anak
Anak usia 6-12 tahun yang biasanya duduk di bangku sekolah
dasar kelas 1,2,atau 3 sedang dalam fase konkrit.Meraka akan mampu untuk
mengerjakan soal matematika seperti penambahan,pengurangan,perkalian yang
sangat sederhana.Untuk tugas yang rumit anak akan menemui kesulitan,kecuali
anak-anak yang mempunyai kemampuan melebihi anak-anak,seusianya.
1. Perkembangan
Fisik
Pada masa anak-anak merupakan
periode pertumbuhan fisik yang lambat dan relat
if seragam sampai mulai terjadi perubahan-perubahan pubertas kira-kira 2 tahun menjelang anak menjadi matang secara seksual ,pada masa ini pertumbuhan berkembang pesat.
if seragam sampai mulai terjadi perubahan-perubahan pubertas kira-kira 2 tahun menjelang anak menjadi matang secara seksual ,pada masa ini pertumbuhan berkembang pesat.
2. Perkembangan
Bahasa
Selama masa ini perkembangan bahasa
terus berlanjut .Pembendaharaan kosakata anak meningkat dan cara anak-anak
menggunakan kata dan kalimat bertambah kompleks serta lebih menyerupai bahasa
orang dewasa.
3. Perkembangan
Kognitif
Seiring dengan masuknya anak ke
sekolah dasar,maka kemampuan kognitifnya turut mengalami perkembangan yang
pesat .
4. Perkembangan
Sosial
Dunia sosial anak semakin semakin
kompleks dan berbeda dengan masa awal anak seperti :adanya pemahaman
diri,adanya hubungan dengan keluarga dan adanya hubungan dengan teman sebaya
5. Perkembangan
Emosi
Pada masa ini anak-anak emosi anak
masih belum bisa terkontrol seperti mudah mencela,mudah mengkritik dan memulai
suatu pertengkaran dengan teman
sepermainan nya.
6. Perkembangan
Moral
Perkembangan moral pada usia ini
perkebangan moral semakin meningkat
7. Perkembangan
IQ
Pada usia ini IQ anak sudah bisa di
ketahui dikategorikan sebagai anak yang pandai /cerdas(genius),sedang atau
bodoh (idiot).
E. Masa Remaja
Masa remaja adalah masa transisi untuk menuju masa dewasa.Dimulai
dari umur 13-21 tahun dan banyak sekali
perubahan dari masa anak-anak ke masa remaja seperti:
1. Perkembangan
Fisik
.Ciri pertumbuhan masa remaja ini
ditandai dengan pertumbuhan fisik yang relatif cepat,sehingga oragan fisik
mencapai taraf kematangan yang memungkinkan untuk bereproduksi secara
sempurna.Konsekuensi dari perubahan fisk ini adalah apabila
meraka melakukan hubungan seksual
akan mengakibatkan kehamilan pada perempuan.Oleh karena itulah para orangtua
harus banyak mewaspadai segala tingkah laku anak-anaknya ketika anaknya telah
memasuki masa remaja..
2. Perkembangan
Bahasa
Pada usia ini cara berbahasa
dipengaruhi bagamaina dia bergaul seperti dia akan berbahasa formal dalam forum resmi dan akan berbahasa gaul apabila
berbicara denagna teman sebaya nya.
3. Perkembangan
Kognitif
Masa remaja adalah sutu periode
kehidupan dimana kapasitas untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan secara
efisien mencapai puncaknya.,proses pertumbuhan otak mencapai kesempurnaan
4. Perkembangan
Emosi
.Ciri lain dari masa remaja itu
adalah sifat pemberontak,progresif yang cenderung ingin mengubah kondisi yang
mapan.
5. Perkembangan
Sosial
Pada masa remaja dia mulai
mengembangkan suatu gaya pikiran egosentris,dimana mereka lebih memikirkan diri
sendiri dan jarang memperdulikan orang lain.
6. Perkembangan
Moral
Tingkat penalaran moral pada usia
remaja pada tahap konvesional (matang).
F. Masa Dewasa
Yang tergolong dewasa muda adalah mereka yang berumur 22-40
tahun dan mengalami perkembangan seperti:
1. Perkembangan
Fisik
Pada masa dewasa kemapuan fisik
mencapai puncaknya seperti kesehatan badan,sensor dan perseptual,serta otak.
2. Perkembangan
Kognitif
Dilihat dari sisi kognitifnya mereka
telah lulus sekolah menengah umum dan memasuki dunia perguruan tinggi,lalu
segera mengembangkan karier sesuai dengan minat-bakatnya.
3. Perkembangan
Emosi
Pada masa ini emosi sudah bisa
dikontrol
4. Perkembangan
Sosial
Selama masa dewasa,dunia sosial dan
personal dari individu menjadi lebih luas dan kompleks
5. Perkembangan
IQ
Pada usia ini IQ mengalami penurunan
sedikit demi sedikit
G. Masa Manula
Masa ini dimana setiap individu akan
memasuki masa kematian.Kenyataanlah yang mengharuskan mereka untuk menjdi tua
meskipun tak ada seorangpun yang menginginkannya. Dan mengalami beberapa perkembangan yaitu
1.
Perkembangan Fisik
Sebagian besar mereka memiliki
kondisi fisik yang sehat dan aktif dalam berkaryanya.Namun dalam melakukan
kegitana fisik mereka cenderung mudah lelah,dan waktu reaksi terhadap stimulus
tergolong lambat.Apalagi yang bekerja menggunakan intelektual,maka kegiatan
fisik cenderung dikurangi frekuensinya.
2.
Perkembangan Kognitif
Dengan bertambahnya umur maka
kemampuan kognitifnya berkurang .
3.
Perkembangan Emosi
Pada usia ini emosi kurang stabil karena mudah tersinggung
4.
Perkembangan IQ
Pada masa ini kemampuan IQ menurun
dengan drastis
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Periodisasi perkembangan
adalah suatu tahapan perkembangan dari masa pranatal sampai masa dewasa akhir.
Tahapan perkembangan menurut pendapat para ahli diantaranya :
Tahap perkemabangan ada 7 yaitu :
Tahap perkemabangan ada 7 yaitu :
1. Masa Pranatal
2. Masa Bayi
3. Masa Kanak-Kanak
4. Masa Anak-Anak
5. Masa Remaja
6. Masa Dewasa
7. Masa Manula
DAFTAR PUSTAKA
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi
Perkembangan Anak Tiga tahun pertama (Psikologi Atitama). Bandung
Poedarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa indonesia.Jakarta: PN Balai Pustaka
Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung.
Poedarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa indonesia.Jakarta: PN Balai Pustaka
Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung.
Desmita.Psikologi
Perkembangan.Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar